Semua Tentang Baja Ringan

  • by

Halo sobat APPASCO! Setelah kemarin kita bahas tentang keunggulan Baja Ringan dibandingkan Kayu sebagai bahan rangka atap rumah, minggu ini Appasco mengundang 2 ilmuwan muda untuk mengupas lebih dalam mengenai materi “BAJA RINGAN” Yuk kita pelajari bersama APA ITU BAJA RINGAN 😉.

Baja ringan adalah baja berkualitas tinggi, berbobot ringan dan memiliki nilai ketebalan yang rendah alias tipis. Walaupun tipis, kekuatannya lebih baik dari baja konvensional pada ketebalan yang sama. Baja ringan biasanya digunakan pada bangunan pabrik, gudang dan rumah2 masa kini.

Sewaktu memasang rangka atap baja ringan, beberapa parameter kerja ini perlu diperhatikan, yaitu: pemotongan, pengeboran, pengelasan dan kemungkinan tergores. Jika lapisan luar baja ringan tergores cukup dalam maka permukaan yang terkena akan mudah terkena karat, sehingga perlu penanganan lebih lanjut.

tentang baja ringan
tentang baja ringan

Kelebihan Baja Ringan

1. Ringan dan Mudah Dipasang.
Berat rata2 rangka baja ringan hanya ± 9 kg / m2. Sifatnya yang ringan memudahkan kita untuk lebih efisien dalam bekerja, sehingga dapat menghemat biaya penyewaan tukang dan menghemat waktu.

2. Kuat dan Tahan Lama.
Material baja ringan tidak akan berkarat dan tahan menghadapi cuaca ekstrem, sehingga bisa melindungi rumahmu dengan maksimal. Kualitas bahannya sudah disempurnakan hingga memiliki umur pakai yang relatif lebih lama dibandingkan kayu biasa.

3. Mudah Mengikuti Bentuk Atap.
Baja ringan terbuat dari bahan galvanis yang fleksibel sehingga cocok untuk gaya arsitektur tradisional, modern, maupun klasik.

4. Tegangan Tarik Tinggi.
Kelenturan rangka atap sangat penting karena semakin besar tegangan tarik atap, semakin banyak energi yang bisa diserap. Baja ringan memiliki tegangan tarik berkisar sekitar 550 Mpa dan merupakan nilai yang besar bila dibandingkan bobotnya yang tidak seberapa.

5. Dapat Didaur Ulang.
Sisa atap baja ringan yang sudah terpakai bisa digunakan lagi untuk bagian lain konstruksi rumah karena sifatnya yang kuat, tahan lama, dan fleksibel.

Kekurangan Baja Ringan

1. Harga Tidak Murah.
Karena kualitas dan segala keunggulan nya, harga atap bajaringan relatif lebih mahal dibandingkan kayu untuk luasan yg sama.

2. Mudah Terbawa Angin.
Karena sifatnya ringan, jenis ini dapat dengan mudah terbawa oleh angin jika tidak dipasang dengan kuat dan benar.

Nah demikian kiranya info mengenai Material Rangka Baja Ringan. Setelah tau plus minus nya tentu jangan ragu untuk memilih BAJA RINGAN sebagai rangka atap bangunanmu. .

Untuk info lebih lanjut feel free to contact us at 08125227383 (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *