Harga Baja Ringan untuk Atap Rumah Terbaru 2019

  • by

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini memang semua kebutuhan manusia menjadi lebih instan, tidak terkecuali bahan pokok untuk membuat rumah. Jika zaman dulu masyarakat lebih banyak menggunakan kayu untuk membuat kerangka atap rumah sedangkan di zaman sekarang banyak kemudahan yang bisa menggantikan bahan yang sulit didapat seperti kayu, sekarang sudah digantikan dengan kerangka baja ringan, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai baja ringan dan harga baja ringan untuk atap rumah simak ulasannya berikut ini.

harga baja ringan untuk rumah
harga baja ringan untuk rumah

1. Jenis-Jenis Bahan Baja Ringan

Baja ringan adalah salah bahan konstruksi untuk kerangka rumah. Biasanya baja ringan itu ditentukan dari banyaknya kandungan yang terkandung dalam baja ringan, jenis baja ringan ditentukan dengan jumlah karbon yang lebih rendah atau sering disebut dengan baja karbon rendah. Biasanya kandungan pada baja memiliki kandungan karbon sebanyak 0,05%-025% dari berat baja. Untuk baja sendiri memiliki berat karbon sebanyak 0,30%-2.0%.

Jika kandungan di dalam karbon lebih banyak maka baja tersebut bukan lagi disebut dengan baja melainkan besi tuang, karena di dalam baja tidak memilik banyak unsur, yang membedakan jenis baja ini terletak dari rendahnya kandungan karbon pada baja, hal ini membuktikan jika baja jenis ini akan lebih ulet, hal ini menghasilkan kekuatan tarik akan lebih sedikit dibanding dengan karbon yang lebih tinggi.

Harga baja ringan untuk atap rumah relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis baja lain, yang membedakan jenis baja ini terletak pada kandungan elemen yang jauh lebih sedikit. Walaupun mempunyai perbedaan tetapi kualitas baja ringan dijamin bagus dan mampu bertahan lama.

2. Pembuatan Jenis-jenis Baja Ringan

Pembuatan baja ringan sebenarnya tidak ada yang berbeda dengan cara pembuatan baja karbon. Cara pembuatan baja ringan adalah dengan mencampurkan antara biji besi dan batu bara, hal ini dilakukan untuk ekstraksi. Setelah itu dilebur berasama dalam tanur yang tinggi, setelah melakukan serangkaian proses pelelehan antara biji besi dan batu bara langkah selanjutnya adalah menunangkan ke tungku yang lain, hal ini dilakukan untuk membakar kotoran yang ikut dalam pelelehan.

Langkah selanjutnya adalah dengan membiarkan semua proses peleburan menjadi padat dan berbentuk persegi panjang, setelah itu potong baja untuk mendapatkan ukuran yang diinginkan, untuk pemotongan anda bisa melakukan dengan proses hot rolling.

3. Jenis-jenis Baja Ringan

Bondek

Bondek adalah jenis baja ringan yang sudah banyak beredar di pasaran, jadi untuk anda yang saat ini bingung memilih rangka atap anda bisa memilih jenis baja ringan bondek ini, keuntungan menggunakan bondek terletak pada kecepatan waktu pengerjaan, baik untuk pemasangan atau pembongkaran, selain itu bondek ini akan mempermudah dalam pemasangan pada konstruksi beton dan bisa digunakan untuk platfon yang bisa bertahan lama dari segala jenis perubahan cuaca.

Bondek Untuk Atap Baja Ringan
Bondek Untuk Atap Baja Ringan

Sebelum beredar di pasaran jenis baja ringan bondek ini harus melakukan pengujian terlebih dahulu untuk menjamin kualitasnya, diantara uji kelayakan bondek ini yang pertama bondek harus lulus uji kelenturan dan loading terlebih dahulu, dengan melakukan pengujian terbukti jenis baja ringan bondek ini bisa tahan lama dan tahan terhadap api.

Spandek

Spandek adalah salah satu jenis baja ringan yang kedua, biasanya spandek digunakan untuk sebuah kontruksi bangunan rumah. Ataupun kantor, Jenis baja ringan spandek ini biasanya digunakan untuk penutup dinding sehingga bangunan akan terlihat modern, sedangkan Harga baja ringan untuk atap rumah sangat terjangkau jika dibandingkan dengan kerangka atap rumah dari kayu.

penjelasan tentang atap spandek

Sedangkan kelebihan spandek ini bisa terlihat saat proses pemasangannya yang menampilkan unsur kerapihan dan indah. Dengan menggunakan baja ringan spandek ini bangunan anda akan terlihat estetika, karena bentuknya yang bergelombang spandek ini sangat cocok digunakan sebagai atap maupun dinding.

Spandek baja ringan ini juga memudahkan anda dalam proses pemasangan dan tidak memakan lama dalam pengerjaannya. Salah satu Negara yang menggunakan spandek sebagai atap rumah adalah Negara Australia dan Indonesia.

Bahkan komposisi spandek terbuat dari baja zincalume yang merupakan baja yang memiliki kandungan seng, alumunium dan silicon, dengan komposisi bahan tersebut baja ringan jenis spandek ini mampu bertahan 4-5 kali korosi jika dibandingkan dengan baja lainnya. Spandek juga memiliki beberapa warna, bahkan para konsumen bisa memesan warna sesuai keinginan anda.

Truss

bahan bajaringan truss
bahan bajaringan truss

Rangka baja ringan adalah salah satu bentuk kemajuan teknologi yang semakin maju dan berkembang, tidak hanya bondek dan sepadek ada satu jenis baja ringan lagi yaitu Truss. Truss adalah salah satu baja ringan yang mempunyai kualitas terbaik karena mampu bertahan lama dan kuat terhadap gangguan alam yang sering berubah-ubah.

Di dalam jenis baja ringan truss ini mempunyai komposisi utama yaitu zinc alumunium yang dilapisi dengan lapisan anti karat dan didalam jenis baja ringan truss ini mempunyai kandungan silicon. Proses pemasangannya dan pembongkarannya cukup mudah. Dijamin baja jenis truss ini akan awet dan tahan lama karena truss ini juga memiliki lapisan anti korosi, oleh karena itu banyak orang yang menyukai baja ringan jenis ini.

4. Kelebihan dan Kekurangan Atap Baja Ringan dengan Atap Rangka Kayu

Kelebihan dan Kekurangan Atap Baja Ringan

Kelebihan Atap baja ringan yang pertama, mempunyai kekuatan tarik yang cukup tinggi. Sifat yang dimiliki oleh baja ringan ini memudahkan untuk transportasi dan konstruksi. Baja ringan ini mempunyai kekuatan yang cukup tinggi oleh karena itu baja ringan mempunyai potensi beban yang kecil.

Yang kedua kelebihan atap baja ringan tahan terhadap serangan rayap sehingga atap baja ringan bisa bertahan lama, kelebihan atap baja ringan ini membuat masyarakat lebih suka menggunakan atap baja ringan dari pada atap rangka kayu, namun penggunaan atap baja ringan harus memerlukan perawatan yang intens.

Kekurangan Baja Ringan

Penggunaan Atap baja ringan kurang indah apabila struktur atap diekspos, penggunaan baja ringan sebagai atap ini tidak seperti penggunaan atap rangka kayu, jika  baja ringan di gunakan sebagai atap maka tidak akan membuat rumah anda mempunyai keindahan, berbeda dengan atap rangka kayu akan memiliki nilai indah dan estetika apabila diekspos.

rangka atap kayu
rangka atap kayu

Kelebihan Atap Rangka kayu

Atap rangka kayu memiliki sifat yang lebih spesifik yaitu mempunyai bentuk yang elastis, atap rangka kayu ini juga mempunyai ketahanan terhadap beban karena serat kayu yang tegak lurus, atap rangka kayu juga mempunyai kekuatan terhadap gaya tarik, gaya tekanan dan momen melengkung, atap rangka kayu juga mempunyai keindahan tersendiri yang bisa anda rasakan ketika anda berada di dalam rumah, atap kayu juga tidak mengeluarkan kebisingan ketika hujan turun.

Kekurangan Atap Rangka Kayu

Atap yang terbuat dari kayu mudah terbakar, hal ini akan mengurangi keamanan penghuni rumah jika suatu saat terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Selain mudah terbakar atap kayu juga mempunyai kekurangan dari bentuk kayu yang mudah menyusut atau mudah retak, selain itu penggunaan kayu sebagai atap rumah juga memudahkan kayu terserang oleh hama maupun rayap dan mudah sekali lapuk karena terkena air hujan, demikianlah ulasan mengenai Harga baja ringan untuk atap rumah semoga dapat bermanfaat.

Pencarian Terkait:

koil logam bekerja product Indonesia,Rangka atap kayu,cara pasang rangka atap kayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *