Info Lengkap tentang Jasa Borongan Baja Ringan per Meter

  • pandu 

Borongan baja ringan per meter biasanya menjadi alternatif paling tepat jika Anda ingin membuat atau merenovasi atap rumah. Pastinya memilih alternatif ini bukan tanpa alasan. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih borongan baja ringan. Nah, bagi Anda yang juga tertarik untuk menggunakan atap baja ringan, berikut informasi lengkap tentang keuntungan menggunakan jasa borongan baha ringan, termasuk keunggulan material baja ringan itu sendiri dan perkiraan biaya yang akan Anda keluarkan.

# Apa Itu Rangka Baja Ringan?

Sebelum membahas lebih detail tentang keuntungan maupun biaya jika menggunakan jasa borongan baja ringan, akan lebih baik jika Anda mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan baja ringan. Secara umum, baja ringan adalah baja yang mempunyai bobot ringan dan struktur yang tipis. Namun, meskipun tipis dan ringan, kualitas dari baja ringan ini sangat tinggi, bahkan tidak kalah dengan baja ringan konvensional.

rumah dengan rangka baja ringan
rumah dengan rangka baja ringan

Baja ringan dibuat dari material baja bermutu tinggi, sehingga mampu menopang beban struktur bangunan. Adapun cara pembuatannya tidak berbeda dengan baja lainnya. Setelah batu bara dan bijih besi diekstraksi, kemudian keduanya dilebur bersama di dalam tanur yang tinggi. Setelah leleh, campuran tersebut kemudian dipindahkan ke tunggu lain untuk dibakar sehingga kotoran yang masih tersisa hilang. Setelah bersih, baja cair dituangkan dalam wadah berbentuk persegi panjang dan dibiarkan hingga memadat. Setelah itu, baja dapat dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan dengan proses hot rolling.

# Jenis-Jenis Baja Ringan dan Manfaatnya

Dalam dunia konstruksi, ada beberapa jenis baja ringan yang sering digunakan, yaitu bondek, spandek, dan truss. Sebelum dipasarkan, ketiganya telah harus melalui beberapa uji terlebih dahulu, seperti uji lentur, uji loading, dan uji kebakaran. Sehingga, pada saat diaplikasikan, baja ringan tidak hanya akan memberikan kenyamanan, namun juga keamanan dari penggunaan dari bahaya kebakaran. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya dari ketiga jenis baja ringan tersebut:

1.  Bondek

Bondek sering digunakan dalam beberapa keperluan, seperti bekisting, konstruksi beton, maupun plafon. Untuk bekisting maupun tulangan positif satu arah, penggunaan bondek ini akan lebih mempercepat waktu pengerjaan maupun pembongkarannya. Begitu juga jika digunakan untuk konstruksi beton. Sedangkan, untuk plafon, penggunaan bondek dapat menyebabkan plafon awet, tahan lama, dan tampak rapi.

2.  Spandek

Biasanya, jenis baja ringan yang ini digunakan sebagai penutup atap maupun dinding bangunan modern. Bentuknya yang bergelombang tidak hanya membuat atap atau dinding tampak lebih rapi, namun juga indah dan mempunyai nilai estetika yang tinggi.

3.  Truss

Jenis baja ringan yang ini juga sering digunakan untuk atap rumah. Kelebihannya karena mudah dalam pemasangan maupun pelepasannya, awet, dan dapat menyesuaikan dengan desain model atap yang diinginkan. Terlebih jika bahan ini dilapisi dengan anti korosi akan membuat atap lebih tahan lama.

# Jenis-Jenis Ukuran Baja Ringan

Di pasaran, saat ini banyak beredar baja ringan dengan berbagai ukuran. Hal ini sangat menyesuaikan dengan permintaan konsumen. Berikut ini beberapa jenis ukuran baja ringan yang ada di pasaran:

1.  Jenis Kanal: C 0,65; C 0,70; C 070; dan C 1,00 (ukuran dalam mm).

2.  Jenis Reng Baja Ringan: 0,25; 0,30; 0,35; dan 0,40 (ukuran dalam mm).

3.  Jenis Hollow: Hallow 0,30 ukuran 15 x 30 x 0,30 dan Hallow 0,30 ukuran 30 x 30 x 0,30.

# Keunggulan Menggunakan Rangka Atap Baja Ringan

Saat ini, penggunaan rangka kayu maupun baja konvensional sudah tidak begitu menarik. Banyak masyarakat yang lebih memilih rangka atap dari baja ringan daripada lainnya. Mengapa? Berikut ini beberapa keunggulan jika menggunakan rangka atap baja ringan:

1.  Mempunyai Kekuatan Tegangan Tarik yang Tinggi

Sifat lentur yang dimiliki baja ringan sangatlah tinggi, sehingga dapat menyerap energi dalam jumlah besar saat diaplikasikan. Dampaknya, daya tegangan tarik yang dimilikinya pun menjadi lebih tinggi hingga 550 Mpa, lebih besar daripada tegangan tarik baja konvensional.

2.  Pemasangannya Sangat Mudah dan Efisien

Karena bobotnya yang ringan, maka pemasangannya pun relatif lebih mudah dan tidak banyak memakan waktu. Ini artinya, biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasangan pun menjadi lebih efisien. Kemudahan pemasangan ini tidak hanya dikarenakan bobotnya yang ringan, namun juga sistem sambungannya yang tidak rumit.

3.  Bisa Menyesuaikan dengan Model Atap

Menggunakan model atap apa pun, baja ringan dapat dikolaborasikan dengan baik. artinya, rangka baja ringan dapat memenuhi semua selera konsumennya. Plusnya lagi, baja ringan ini juga akan serasi digunakan dengan berbagai jenis penutup atap, baik genteng metal maupun beton.

4.  Anti Karat

Meskipun terbuat dari bahan logam, rangka atap baja ringan tidak mudah mengalami proses pengaratan. Tidak hanya itu, rangka atap jenis ini juga tidak disukai rayap sehingga tidak mudah keropos. Plusnya lagi, tampilannya sudah sangat elegan sehingga tidak perlu melakukan finishing secara berkala meskipun terekspos dalam waktu lama.

5.  Awet dan Tahan Lama

Material baja ringan ini mempunyai kualitas ketahanan yang baik, tidak mudah lapuk, dan uga tidak mudah menyusut meskipun terjadi perubahan cuaca secara ekstrem. Pastinya, pemilihan kualitas baja ringan terbaik yang harus Anda pilih untuk bisa mempunyai sifat seperti ini. Sebuah baja ringan dikatakan mempunyai kualitas tinggi jika tidak terlalu ringan dan tidak terlalu lentur.

# Keuntungan Menggunakan Jasa Borongan Baja Ringan

Nah, bagi Anda yang berminat untuk menggunakan baja ringan sebagai rangka atap, akan lebih efektif jika menggunakan jasa borongan baja ringan. Sebab, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1.  Tidak perlu bingung menggambar rencana atap secara detail, karena jasa borongan baja ringan yang profesional sudah mempunyai keahlian dalam hal ini.

2.  Tidak perlu repot memilih atau membeli material yang berkualitas tinggi.

3.  Bisa mengetahui lama pengerjaan secara akurat karena pihak jasa profesional tidak pernah bekerja lebih dari standar waktu pengerjaan.

4.  Bisa mengetahui rencana anggaran yang bakal dikeluarkan secara akurat.

# Harga Borongan Baja Ringan

Ada beberapa hal yang mempengaruhi besar kecilnya biaya yang akan dikeluarkan saat menggunakan rangka atap baja ringan. Berikut ini beberapa hal yang harus diketahui untuk mengetahui biaya pengaplikasian rangka baja ringan secara tepat:

1.  Menghitung luas atap terlebih dahulu.

2.  Mengetahui harga baja ringan per meter di pasaran.

3.  Mengetahui biaya pemasangan.

4.  Mengetahui biaya lain yang mungkin muncul dalam proses pemasangan.

Semua informasi tersebut akan mudah Anda dapatkan saat berkonsultasi dengan pihak jasa pemasangan baja ringan. Untuk lebih mudahnya, mereka biasanya hanya akan memberikan harga borongan baja ringan per meter, harga yang sudah termasuk biaya pemasangan. Cukup praktif, bukan?

Related Post

Alasan Jasa Konstruksi Baja Banyak Dipilih Pada saat Anda berencana untuk membangun rumah / bangunan, Anda sebelumnya tentu telah mempersiapkan konsep bangunan yang ingin Anda bangun atau wuju...
Tips Memilih Jasa Borongan Atap Baja Ringan Profe... Tips Memilih Jasa Borongan Atap Baja Ringan Profesional Memilih bahan untuk digunakan sebagai rangka atap yang berkualitas memang cukup penting. Hal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *