Cara Menghitung Biaya Atap Baja Ringan

  • pandu 
Gambar Atap Bajaringan Murah

Biaya atap baja ringan – Seiring perkembangan zaman, konstruksi bangunan dituntut untuk lebih berkualitas dari berbagai aspek. Adapun salah satu aspek terpenting yang banyak mendapat perhatian biaya atap baja ringan ialah aspek material untuk para pengguna struktur bangunan. Berbagai rekayasa pun sudah digunakan hanya demi memenuhi keperluan aspek tersebut.

Melihat kebutuhan bahan konstruksi bangunan tersebut, baja termasuk bahan yang mulai banyak dipilih sebab memiliki tingkat kekuatan dan keekonomisan tersendiri. Baja adalah salah satu bahan bangunan yang kini banyak dipakai selain kayu dan beton. Baja merupakan salah satu material bangunan dengan kelebihan tersendiri dibandingkan material lainnya. Maka dari itu, dalam penggunaannya seringkali bahan baja ini digabungkan bersama material lainnya dengan tujuan menutup kelemahan dari tiap-tiap material. Dengan melihat kekurangan ketiga material di atas, akhir-akhir ini rangka atap baja ringanlah yang paling banyak digunakan.

Tentang Atap Baja Ringan

Atap baja ringan adalah material bangunan yang dibentuk dengan kondisi dingin atau disebut sebagai istilah cold formed steel yang tingkat ketebalannya mencapai 0,4 mm – 3,0 mm. Dengan tingkat ketebalan yang kecil, maka atap baja  yang digunakan untuk kebutuhan struktural sendiri harus terbuat dari bahan baja berkualitas tinggi, sehingga memiliki daya tahan yang cukup ketika menahan beban struktur.

Dibandingkan baja konvensional, material baja ringan adalah baja berkualitas tinggi yang bersifat tipis dan ringan, tapi fungsinya sama seperti baja konvensional. Material baja ringan tersebut merupakan baja yang telah dibentuk sesudah dingin atau cold form steel.

Material atap baja ringan dibentuk untuk mempermudah konstruksi dan perakitan. Walaupun tipis, material baja ringan ini mempunyai derajat kekuatan tarik tinggi sekitar 550 Mpa, sedangkan baja biasa mencapai 300 Mpa. Tegangan dan kekuatan tarik tersebut untuk mengkompensasi material baja yang berbentuk tipis. Tingkat ketebalan material baja ringan yang ada saat ini sekitar 0,4-1 mm (Theodolite).

Untuk menghitung kuda-kuda pada baja ringan ini berbeda dari kayu, yaitu lebih rapat. Dengan semakin berat beban yang wajib dipikul, maka jarak pada kuda-kudanya pun semakin pendek. Seperti untuk genteng yang berbobot 40 kg/m2 dengan jarak kuda-kuda dapat dibuat tiap 1,4 m. Sedangkan jika bobot gentengnya sekitar 75 kg/m2, sehingga jarak kuda-kuda sekitar 1,2 m.

Gambar Kuda-kuda Bajaringan yang Kuat

Gambar Kuda-kuda Bajaringan yang Kuat

Rangka Atap Baja Ringan

Rangka atap baja ringan merupakan struktur atap bangunan yang memakai konstruksi baja kuat namun ringan berjenis CRC (Cold Rolled Coil) yang berbentuk profil seperti berbentuk huruf O atau C. Sekarang ini baja ringan menjadi bahan yang populer. Adapun kepopulerannya tersebut dikarenakan ada banyak masyarakat yang memakai atap baja ringan ke dalam pilihan konstruksi atapnya. Selain itu, atap baja ringan juga memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan dengan bahan kayu. Dan salah satu kelebihannya ialah ketahanan terhadap karat.

Cara Menghitung Biaya Atap Baja Ringan

Saat Anda memutuskan memakai struktur konstruksi pada atap baja ringan serta belum memiliki banyak pengetahuan mengenai pemasangan rangka pada atap baja ringan ataupun berapa biaya atap baja ringan yang perlu dikeluarkan dalam sebuah proyek pembangunan, alangkah baiknya dipercayakan ke ahlinya, seperti menggunakan jasa konstruksi atap baja ringan atau aplikator baja ringan.

Adapun hal yang terpenting ialah harga. Kadangkala Anda harus memiliki acuan berapa biaya yang wajib dikeluarkan pada sebuah proyek pembangunan atap rumah, lalu Anda bisa menyusun anggaran biaya dengan segera untuk proyek selanjutnya. Jadi, mau tak mau Anda wajib memiliki pengetahuan dasar mengenai perhitungan biaya atap baja ringan ini.

Karena itulah kami akan memaparkan tips mudahnya, untuk Anda yang belum pernah sama sekali mengetahui ilmu baja ringan serta perhitungannya. Di bawah ini adalah perhitungan biaya atap baja ringan yang akurat, dan lebih pada perkiraan atau estimasi awalnya saja. Akan tetapi bisa dipastikan mendekati biaya sebenarnya yang akan diajukan aplikator atap baja ringan yang Anda percaya.

  1. Membuat Sketsa Gambar Atap

Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana perhitungan harga atap  baja ringan untuk model atap pelana. Langkah awal, buatlah terlebih dulu sketsa atap bangunan rumah Anda. Buat sketsa atap baja lalu tuliskan ukuran bangunan rumah Anda, contohnya ukuran 7 m x 11 m atau 6 m x 10 m. Data ukuran bangunan tersebut bisa dijadikan sebagai dasar perhitungan luas atap rumah langkah berikutnya.

  1. Menghitung Luas Atap Rumah

Langkah selanjutnya ialah menghitung LAR (Luas atap Rumah). Untuk memudahkan ilustrasi, kita gunakan contoh pengukuran rumah panjang 7 m dan lebar 11 m. Anda harus tahu bahwa tiap atap mempunyai oversteck pada sisi kiri dan sisi kanan baik pada bagian depan ataupun bagian belakang dengan ukuran masing-masing sebesar 0,5 meter. Lalu anggap saja sudut kemiringan pada atap biasanya sekitar 30o sehingga luas pada atap rumah bisa dihitung menggunakan rumus di bawah ini :

LAR = Panjang x Lebar / Cosinus Derajat Kemiringan

    = (7m + oversteck kanan kiri 1 m) x (11m + oversteck depan belakang 1 m)/ cos 30 o

    = 8 m x 12 m : cos 30o = 96 m2 : 0,866

LAR = 110,85 m2

  1. Menentukan Material Penutup Atap

Sesudah Anda menghitung luas untuk atap rumah di atas, selanjutnya tentukan bahan penutup atap menyesuaikan keinginan atau kebutuhan Anda, misalnya penggunaan genteng multiroof.

  1. Perhitungan Biaya Atap Baja Ringan

Sesudah mengikuti langkah-langkah di atas, selanjutnya mulailah menghitung jumlah biaya atap baja ringan. Dalam tahap ini, kita harus mengetahui berapa kisaran harga atap baja ringan dalam satuan m2 berikut harga genteng metal tiap m2.  

Contohnya, harga atap baja ringan tiap m2 dengan ketebalan 1 mm sekarang sekitar Rp 150 ribu dan harga untuk genteng metal tiap m2 sekitar Rp.100.000. Sesudah itu, And abisa menghitung keseluruhan biaya atap baja ringan yang diperlukan dengan rumus :

BBR = (LAR x harga atap baja ringan per m2) + (LAR x harga penutup atap (m2))

       = (110,85 m2 x 150.000) + (110,85 m2 x 100.000)

       = Rp. 16.627.500 + Rp. 11.085.000

       = Rp. 27.712.500,-

Jadi total jumlah biaya atap baja ringan yang harus Anda persiapkan adalah sebesar Rp.27.712.500,- Itulah perhitungan mudah biaya atap baja ringan pada rumah berukuran 7 m x 11 m, dengan perhitungan diatas tentu Anda akan lebih mudah menghitung kebutuhan yang diperlukan sehingga bisa dengan mudah menghitung berapa biaya yang diperlukan. Setelah penentuan biaya tentunya langkah selanjutnya adalah biaya pemasangan atap baja ringan untuk menghitung jumlah tukang yang diperlukan. Dalam pemasangannya lebih baik berkonsultasi dengan ahlinya agar konstruksi bangunan yang akan dipasangkan bisa terpasang dengan baik, kokoh dan tahan lama.

Namun Jangan Khawatir

Perhitungan biaya di atas masih terasa mahal? Tenang, segera hubungi kami untuk mendapatkan harga spesial dari kami. Nikmati penawaran harga terbaik dari kami, yang pastinya harganya bersahabat!

Pencarian Terkait:

struktur atap baja ringan,menghitung luas penutup atap baja ringan 10x10 m,biaya baja ringan untuk rumah,biaya bangunan dengan struktur baja,biaya m2 atap baja ringan,cara menghitung atap rangka baja,cara menutup lubang kecil pada atap baja ringan,Penutup Atap Beton jumlah

Related Post

Mengenal Atap Rangka Baja Ringan Yang Wajib Diketa... Atap rangka baja ringan merupakan salah satu bahan bangunan yang banyak  digunakan pada saat ini, tidak heran jika rangka atap baja ini begitu popule...
Mau Tau Alasan Wajib Pilih Jasa Pemasangan Baja Ri... Apa jadinya jika sedang enak nonton televisi, tiba-tiba atap jebol? Atau sedang tertidur pulas, ternyata atap sudah hilang dibawa angin kencang? Past...
Pelajari Analisa Harga Satuan Baja Ringan Untuk Me... Mempelajari dan mengetahui analisa harga satuan baja ringan tentunya menjadi hal penting yang perlu Anda ketahui terutama ketika Anda ingin membeli b...
Tips Memilih Jasa Borongan Atap Baja Ringan Profe... Tips Memilih Jasa Borongan Atap Baja Ringan Profesional Memilih bahan untuk digunakan sebagai rangka atap yang berkualitas memang cukup penting. Hal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *