4 Ciri Aplikator Baja Ringan Terpercaya

  • by

Memilih Aplikator baja ringan membutuhkan pengetahuan tertentu agar tidak kecewa dan salah sasaran. Sebelum membangun sebuah gedung, pasti sudah memikirkan perencanaan yang tepat. Perhitungan sangat diperlukan dalam sebuah pembangunan. Kekokohan dan kekuatan gedung itu penting sekali supaya tahan banting dan mempengaruhi usia sebuah bangunan. Maka dari itu, dibutuhkan aplikator yang handal untuk merealisasikan target tersebut.

Atap Bajaringan Murah
Atap Bajaringan Murah

1. Mempunyai Sertifikat Resmi

Aplikator baja ringan ialah jasa pemasangan atap baja yang dilakukan secara profesional dengan perhitungan yang tepat. Memang sulit untuk mengetahui perusahaan jasa aplikator yang memiliki keterampilan baik dan terpercaya. Salah satu cirinya yaitu mempunyai sertifikat resmi. Sertifikat merupakan bukti bahwa seseorang atau sebuah organisasi sudah diakui kemampuan, keprofesionalan serta telah memenuhi indikator tertentu sebagai tenaga terlatih.

Aplikator bukan pekerjaan mudah. Dibutuhkan ketelitian, dan rencana matang supaya mendapat hasil yang maksimal. Tentunya ada syarat tertentu yang harus dipenuhi sebelum menjadi badan resmi. Dalam menentukan dan memilih perusahaan yang bergerak di bidang jasa, minimal telah mengantongi sertifikat dari pemerintah. Jika sudah melakukan uji sertifikasi dan lolos, maka badan jasa itu berjalan satu langkah di depan menuju kualitas yang lebih baik.

Sekarang telah diterapkan green technology dalam konstruksi rumah dan gedung. Tujuannya adalah untuk melindungi dan melestarikan alam. Penebangan pohon, pemanfaatan kayu sebisa mungkin dikurangi demi menjaga hutan. Hal ini mengakibatkan berkurangnya penggunaan kayu sebagai bahan utama pembangunan. Mulai lebih dari satu dasawarsa sebelumnya, ketetapan ini diberlakukan. Mayoritas rumah kini memanfaatkan baja ringan sebagai bahan utama bangunan, terutama dalam pengerjaan proyek-proyek besar.

Tenaga jasa pemasang genteng metal maupun rangka atap baja ringan berperan besar bagi bidang konstruksi. Namun parahnya keberadaannya masih jarang. Penyelenggaraan sertifikasi dan latihan green technology pun hingga kini belum ada.

Untungnya, kini Balai Material dan Peralatan Konstruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah bekerja sama dengan salah satu perusahaan konstruksi untuk menyelenggarakan pelatihan bagi tenaga aplikator baja ringan. Dengan demikian, secepatnya mendapatkan sertifikat resmi dari pemerintah.

PUPR pun sekarang mendukung penuh penerapan sertifikasi ini. Peran swasta dibutuhkan dalam pembangunan fasilitas negara. Untuk itu, kontribusi yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan perusahaan swasta perlu ditingkatkan. Peningkatan tersebut dapat terlihat dari sejumlah mitra yang digandeng oleh kementerian PUPR supaya penerapan sertifikasi pekerja konstruksi nasional lebih cepat dan meluas.

2. Berpengalaman di Bidangnya

Pengalaman adalah guru yang baik. Perusahaan konstruksi harus punya banyak pengalaman agar dapat dipercaya konsumen. Pengalaman aplikator baja ringan juga mempengaruhi kualitas dan kecepatan pengerjaan. Proses pengaplikasian rangka baja perlu kematangan perencanaan. Di lapangan terkadang ada situasi tak terduga yang menyebabkan harus segera dilakukan tindakan tepat, cepat, dan tanggap. Apabila pengalaman kurang, pasti timbul kebingungan karena belum pernah mengalami kejadian itu sebelumnya.

Bertindak secara cepat sangat diperlukan ketika menghadapi perubahan cuaca mendadak atau keadaan lainnya. Aksi selanjutnya ketika menghadapi situasi genting seperti itu posisinya krusial. Sebab, jika salah ambil tindakan, akan mempengaruhi hasil konstruksi. Kinerja-kinerja atau capaian sebelumnya adalah track record perusahaan yang akan dijadikan rujukan para pelanggan dalam menentukan aplikator.

Mempunyai pengalaman 5 tahun tapi tidak memiliki lisensi? Itu berarti keamanan dan kualitasnya belum terjamin oleh pemerintah. Menurut data dari pemerintah, dari 8.1 juta tenaga terampil, hanya sekitar 10 % yang telah berlisensi. Kualitas aplikator baja ringan mempengaruhi kualitas keseluruhan proyek. Salah satu faktor yang menciptakan keberhasilan proyek pembangunan adalah karena tanggung jawab para pekerja.

3. Profil Jasa Aplikator

Profil berkaitan erat dengan cover dan nilai sebuah jasa aplikator baja ringan. Kapan usaha ini berdiri, apa saja pengalamannya, penghargaan yang pernah dicapai, dan lain sebagainya. Penghargaan merujuk pada seberapa besar value perusahaan bagi konsumen.

Pemerolehan sertifikat adalah sesuatu yang penting karena berkaitan dengan tenaga aplikator yang berkualitas. Produk bermutu harus diiringi kualitas jasa pemasang yang baik pula. Pemberian edukasi kepada aplikator akan mewujudkan gaya hidup baru yaitu rumah berbahan baja ringan ramah lingkungan. Meminimalkan penggunaan kayu ialah usaha menyelamatkan alam.

Bagi perusahaan konstruksi yang pernah mengikuti pelatihan dari pemerintah dan melakukan sertifikasi harus dikedepankan. Pemerintah telah melakukan kerja sama, baik itu dengan pemerintah daerah maupun perusahaan swasta untuk melatih dan mengedukasi para aplikator baja ringan agar semakin terlatih. Pun dapat dipercaya konsumen.

Hingga sekarang, pekerja yang sudah mendapat sertifikat adalah sekitar 3.5 juta. Padahal targetnya 7.5 juta dalam 5 tahun. Selanjutnya, mengerjakan penyusunan standar kompetensi nasional Indonesia dalam bidang konstruksi baja ringan, lalu menyusun kualifikasi.

Walaupun sudah berpengalaman selama bertahun-tahun, pelatihan dan sertifikasi sangat urgent, karena berpengaruh terhadap penilaian pelanggan. Keunggulan mengikuti program ini ialah bisa memperluas jaringan konsumen di seluruh Indonesia. Kalau belum punya, akan kalah saing dengan para pekerja lainnya. Semakin ke sini, jumlah kompetitor semakin bertambah. Kualitas harus ditingkatkan.

4. Amati Proses Pemasangannya

Mengamati proses aplikasi itu penting sekali. Karena dengan begitu kita mengetahui apakah tenaga aplikator baja ringan telah melakukan pekerjaannya dengan baik atau tidak. Selain itu juga berkaitan dengan pemasangan rangka atap baja apakah sudah sesuai order atau belum.

Sebelum memulai mengerjakan milik sendiri, alangkah baiknya bila melihat pengerjaan proyek yang dilakukan orang lain. Bagaimana spek, kualitas, perhitungan, dan kerapiannya. Hal itu mempengaruhi penilaian fabrikator. Juga untuk menghindari hal-hal di luar dugaan seperti kesalahan spek, dan lain sebagainya. Survei penting dikerjakan karena kalau konsumen terbiasa tidak mengecek kebenaran, maka ia tidak akan pernah tahu kekurangannya. Tiba-tiba atap baja ringan roboh dan kita tidak bisa menyalahkan siapa pun karena tak memahami penyebabnya.

Ada dua cara pemasangan rangka atap baja ringan, yaitu pre-fabrikasi dan langsung di tempat. Pertama, pre-fabrikasi pembentukan rangka kuda-kuda dibuat di pabrik memakai mesin. Sistem ini lebih terjamin presisi dan kekuatannya. Sampai di tempat project rangkaiannya sudah jadi, tinggal memasang.

Kedua, langsung di tempat. Pemasangan sistem ini memiliki kekurangan, sulit mengatasi masalah jika terjadi kegagalan. Sering terjadi kesalahan ukuran antara gambar denah dan kondisi lapangan. Kalau situasinya seperti itu harus dibongkar lagi atau struktur penopangnya ditambah. Namun cara ini juga mempunyai kelebihan, yaitu dapat menyesuaikan kondisi di lapangan.

5. Harga Atap Baja Ringan

rangka atap baja ringan terbaik
rangka atap baja ringan terbaik

Untuk harga bervariasi tergantung dari jenis penutup atap. Harganya kurang lebih sekitar 120 sampai 170 ribu/m2. Itu termasuk pemasangan. Misal memasang genteng yang terbuat dari keramik notabene lebih berat, maka akan menghabiskan biaya sedikit mahal. Ketebalan bahan juga berpengaruh terhadap harga. Faktor yang membuat pemasangan rangka atap baja ringan sukses adalah keterampilan dari aplikator baja ringan yang sudah bersertifikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *