Cara Menghitung Biaya Renovasi Atap Baja Ringan

  • pandu 

Biaya renovasi atap baja ringan sebenarnya dapat diminimalisir seandainya seseorang mengetahui apa saja yang mempengaruhi besar kecilnya biaya. Sayangnya, tidak semua orang mengetahuinya. Nah, dalam artikel ini, selain memberikan informasi tentang hal-hal yang mempengaruhi besarnya biaya renovasi atap baja ringan, juga cara memperhitungkannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini uraiannya.

Gambar Kuda-kuda Bajaringan yang Kuat
Gambar Kuda-kuda Bajaringan yang Kuat

# Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Biaya Renovasi

Secara garis besar, renovasi atap baja ringan hanya dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu:

  • luas atap,
  • harga per meter baja ringan, dan
  • beberapa biaya tambahan (pembongkaran atap lama dan pemasangan atap baru)

Untuk dua faktor yang pertama, yaitu luas atap dan harga per meter dari baja ringan, jelas sudah tidak bisa diganggu gugat. Hitungannya sudah dapat dipastikan. Berbeda halnya dengan biaya tambahan yang masih bisa Anda negosiasikan dengan pihak jasa borongan atap baja ringan.

# Simulasi Perhitungan Biaya Renovasi Atap dengan Baja Ringan

Dalam uraian berikut ini, lebih membahas pada cara menghitung biaya renovasi yang berhubungan dengan luas atap dan harga per meter baja ringan. Berikut ini perhitungannya.

Perhitungan Luas Atap

Luas atap sangat tergantung dari bentuk atap itu sendiri. Sebagai contoh:

  • Untuk atap berbentuk persegi panjang, luas = panjang x lebar.
  • Untuk atap berbentuk jajargenjang, luas = panjang x lebar
  • Untuk atap berbentuk segitiga, luas = (alas x tinggi) : 2
  • Untuk atap berbentuk trapesium, luas = (jumlah sisi sejajar) x tinggi : 2

Dengan kata lain, Anda harus mengetahui bentuk dari atap yang akan direnovasi tersebut. Misalkan, atap yang akan Anda renovasi berbentuk persegi panjang, ukurlah panjang dan lebarnya, kemudian dikalikan dua (karena mempunyai dua sisi, depan dan belakang). Berikut lebih detail perhitungannya:

Misal, panjang atap = 12 meter dan lebar atap = 3 meter, maka

Luas       = (12 meter x 3 meter) x 2

              = 36 meter persegi x 2

              = 72 meter persegi

Perhitungan Total Biaya

Untuk mengetahui total biaya yang dibutuhkan, Anda harus mengetahui harga baja ringan untuk setiap meter perseginya. Dalam hal ini, Anda perlu survei ke beberapa toko baja ringan untuk mengetahui harga rata-ratanya. Sebagai contoh, harga baja ringan saat ini Rp150.000,00 per meter persegi dan harga finishing pemasangan sekitar Rp50.000,00 per meter persegi, maka:

Besar biaya      = harga baja ringan yang dibutuhkan + harga finishing pemasangan

                        = (72 x 150.000) + (72 x 50.000)

                        = 10.800.000 + 3.600.000

                        = 14.400.000

Jadi, total biaya yang perlu Anda siapkan sekitar Rp14.400.000,00.

Demikianlah cara menghitung besar biaya renovasi atap baja ringan. So, segera hitung luasan atap rumah Anda jika ingin mengetahui besar biaya yang harus Anda keluarkan.

Related Post

Cara Menghitung Biaya Yang Akan Dikeluarkan Untuk ... Biaya pasang baja ringan tentunya wajib Anda ketahui, agar nantinya dapat memperlancar proses pemasangan atap. Oleh sebab itu apabila Anda tertarik u...
Tips Renovasi Atap Rumah Ganti Baja Ringan Pada dasarnya, bongkar total menjadi salah satu solusi. Empat pada saat seluruh rangka atap bangunan atau rumah mengalami kerusakan. Salah satu solus...
Tips Renovasi Atap Rumah Type 36 Renovasi atap rumah type 36 terkadang menjadi sangat penting dilakukan, terlebih jika atap lama sudah mengalami kerusakan di sana-sini. Karena atap m...
Mengenal Atap Rangka Baja Ringan Yang Wajib Diketa... Atap rangka baja ringan merupakan salah satu bahan bangunan yang banyak  digunakan pada saat ini, tidak heran jika rangka atap baja ini begitu popule...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *